Astaga! Selama 2 Minggu, Planet Mars Dikabarkan Menghilang

Planet Mars
Foto Planet Mars

Kanal Cara – Baru-baru ini, Planet Mars dikabarkan menghilang selama 2 minggu. Hilangnya Planet Mars tersebut terjadi mulai 11 November 2023 Hingga 25 November 2023.

Meskipun demikian, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Fenomena tersebut dikenal juga dengan istilah konjungsi Matahari.

Apa Itu Konjungsi Matahari?

Planet Mars
Foto Matahari

Konjungsi Matahari merupakan suatu periode dimana Matahari akan mengaburkan satu sama lain antara Planet Mars dan Bumi.

Pada periode ini, kedua planet tersebut untuk sementara waktu tidak terlihat antar satu dengan yang lainnya. Hal ini seperti yang telah diungkapkan oleh NASA.

Dalam kurun waktu 2 tahun sekali, Mars dan Bumi akan mengalami konjungsi Matahari. Diperkirakan kedua planet tersebut berjarak sekitar 140 juta mil.

Selama konjungsi Matahari tengah berlangsung, kedua planet akan terpisah sekitar 235 juta mil. Dengan adanya fenomena tersebut, kemampuan NASA untuk berkomunikasi dan mengirim sinyal ke pesawat ruang angkasa yang ada di Mars akan terganggu.

Namun, para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa dengan adanya fenomena tersebut tidak akan membuat misi ke Mars menjadi terjeda.

Karena NASA telah menghabiskan waktu hingga berbulan-bulan untuk mempersiapkan daftar tugas untuk seluruh pesawat ruang angkasa Mars. Jadi, tidak mungkin ekspedisi misi ke Mars menjadi terhambat akibat adanya fenomena tersebut.

Sekilas Tentang Planet Mars

Planet Mars
Foto Planet Mars

Mars merupakan planet keempat dalam sistem tata surya dan menjadi planet paling dekat dengan Bumi. Mars juga dikenal dengan sebutan Planet Merah.

Dengan karakteristik permukaannya yang unik dan kemiripan kondisinya dengan Bumi, Mars telah menarik perhatian para ilmuwan untuk menelitinya.

Ciri-Ciri Planet Mars

Mars memiliki sejumlah ciri fisik yang membedakannya dari planet lain. Permukaannya dipenuhi oleh lembah dan gunung berapi, termasuk Olympus Mons yang menjadi gunung tertinggi di tata surya.

Mars juga memiliki Lembah Valles Marineris yaitu lembah terbesar yang paling terkenal di tata surya. Selain itu, planet ini memiliki dua kutub es yang dapat terlihat dari Bumi.

Meskipun Mars memiliki atmosfer, namun tebalnya hanya sekitar 1% saja dari atmosfer Bumi. Atmosfernya terdiri dari karbon dioksida dengan jejak gas lainnya seperti nitrogen dan argon.

Kondisi cuaca yang ada di Mars pun cukup ekstrem. Suhunya dapat turun hingga -195 derajat Fahrenheit (-125 derajat Celsius) di kutub dan mencapai 70 derajat Fahrenheit (20 derajat Celsius) di khatulistiwa selama musim panas.

Penutup

Itulah sekilas ulasan tentang Planet Mars yang dikabarkan menghilang selama dua minggu karena adanya fenomena konjungsi Matahari.

Fenomena tersebut merupakan hal yang sangat wajar dan terjadi sekitar 2 tahun sekali. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ya dengan adanya fenomena tersebut.

Baca Artikel KanalCara.Com yang Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *